Jumat, 16 Mei 2014

SIARAN PERS

SIARAN PERS
Nomor: 3/SP/I/2014

Pemprov.DKI Jakarta Uji Coba Bus Scania untuk Armada Transjakarta

Photo taken from kompas.com
Uji Coba Bus Gandeng Scania euro 6 asal Swedia untuk armada Transjakarta diawali dari Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/5). PT Tansportasi Jakarta segera membuat standarisasi bus Transjakarta agar kualitas bus bisa lebih baik dan tahan lama.

Jakarta – Untuk meningkatkan pelayanan Transjakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggunakan armada transportasi massal yang berstandar internasional. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya uji coba Bus Gandeng Scania Euro6 asal Swedia sebagai armada Transjakarta di Pelataran Monas, Jakarta Pusat, Rabu (7/5).
Uji coba Bus Gandeng Euro6 dihadiri wakil Gubernu Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama yang biasa disapa Ahok, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ewa Polano, Direksi United Tractors selaku pemegang hak distributor tunggal serta sejumlah wartawan dari media cetak dan elektronik.
Dalam kesempatan itu Ahok menjelaskan Pemprov. DKI Jakarta akan mengganti armada Transjakarta yang sudah tidak layak dengan mendatangkan bus asal Eropa yang dikenal tangguh dan tahan lama.
"Tidak hanya Scania, Mercedes Benz juga kami inginkan masuk tahun depan. Tetapi paling tidak, kualitas busnya nanti harus standarnya seperti ini (Scania)," ujar Ahok.
Bus gandeng Scania Euro6 berbahan bakar gas dengan total nilai satu bus berkisar Rp5,8 miliar. Pada saat uji coba, bus gandeng Scania Euro6 ini diuji coba dalam rute perjalanan singkat dari kawasan Monas menuju kawasan Bunderan HI (Thamrin) dan kembali ke Monas.
Jika Pemprov. DKI Jakarta sepakat menggunakan bis asal Swedia ini sebagai armada Transjakarta pada tahun depan, Ahok  meminta pembuatan Scania dilakukan di Indonesia. Lebih lanjut Ahok menjelaskan, semua produsen bus, termasuk yang lokal, dapat mendaftar ke LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah) dan e-catalog karena proses pembelian bus akan dilakukan lewat lembaga tersebut.
Sementara itu, Presiden Direktur PT United Tractors Djoko Pranoto mengklaim armada bus gandeng Scania adalah armada yang anti karat.
"Layanan purna jual bus Scania didukung dengan tenaga mekanik yang handal dan spare part dengan kualitas terbaik untuk men-support operasional Scania menjadi bus Transjakarta dalam melayani warga Jakarta," tutur Djoko.
Pemprov. DKI Jakarta berharap peremajaan armada Transjakarta menggunakan bus berkualitas dapat mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan sarana transportasi umum. "Intinya, bagaimana caranya mengubah kebiasaan warga Jakarta dari memakai kendaraan pribadi ke sarana angkutan umum Transjakarta ini," kata Ahok, seusai mencoba Scania Euro6 pada rute pendek selama 15 menit.

Humas Pemprov. DKI Jakarta
Jalan Medan Merdeka Selatan 8-9 Jakarta Pusat
Telp : 021-3823046
Cp : Winny Arnold
Hp : 08121345678

Email : winny@jakarta.go.id


PS : Tugas Teknik Penulisan Kehumasan (Siaran Pers dan Berita Foto) yang diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar